1
|
Pada Ignition Switch
(Kunci Kontak) bila terdapat terminal
B, menyambung pada:
|
|||||||||||||||||||||||
|
|
a
|
Motor
Starter
|
d
|
Glow
Plug
|
|||||||||||||||||||
|
|
b
|
Batere
|
e
|
Alternator
|
|||||||||||||||||||
|
|
c
|
Alternator
|
|
|
|||||||||||||||||||
2
|
Rasio Kompresi mesin Diesel adalah :
|
|||||||||||||||||||||||
|
|
a
|
6 sampai 12 d. 12 sampai
15
|
|||||||||||||||||||||
|
|
b
|
9 sampai 12 e. 15 sampai 23
|
|||||||||||||||||||||
|
|
c
|
6 sampai 9
|
|||||||||||||||||||||
3
|
Dibawah ini adalah sifat utama dari bahan bakar Diesel,kecuali :
|
|||||||||||||||||||||||
|
|
a
|
Tidak berwarna atau sedikit kekuning kuningan dan berbau.
|
|||||||||||||||||||||
|
|
b
|
Encer dan tidak menguap dibawah temperatur
normal.
|
|||||||||||||||||||||
|
|
c
|
Dapat melarutkan karet oli dan karet
|
|||||||||||||||||||||
|
|
d
|
Mempunyai berat jenis 0,82 – 0,86.
|
|||||||||||||||||||||
|
|
e
|
Mudah terbakar
pada suhu rendah
|
|
|
|||||||||||||||||||
4
|
Keuntungan dari ruang bakar tipe Kamar Pusar
adalah :
|
|||||||||||||||||||||||
|
|
a
|
Dapat dicapai kecepatan mesin yang tinggi
karena turbulensi kompresinya tinggi
|
|||||||||||||||||||||
|
|
b
|
Gangguan pada Nozzle lebih kecil karena
menggunakan pin type nozzle.
|
|||||||||||||||||||||
|
|
c
|
Diperlukan
pemanas mula
|
|||||||||||||||||||||
|
|
d
|
Konstruksi
rumit
|
|||||||||||||||||||||
|
|
e
|
Perawatan
mudah
|
|
|
|||||||||||||||||||
7
|
Dibawah ini adalah penjelasan mengenai
keuntungan mesin diesel kecuali :
|
|
||||||||||||||||||||||
|
|
a
|
Mempunyai efisiensi panas yang besar
|
|||||||||||||||||||||
|
|
b
|
Lebih tahan lama dan tidak memerlukan electrik
ignition
|
|
||||||||||||||||||||
|
|
c
|
Momen pada mesin diesel tidak berubah
|
|
||||||||||||||||||||
|
|
d
|
Mempunyai perbandingan kompresi lebih tinggi
|
|
||||||||||||||||||||
|
|
e
|
Mampu
bekerja pada medan yang berat
|
|
|
|||||||||||||||||||
8
|
Mutu Bahan bakar
Diesel (solar) ditentukan dengan angka :
|
|||||||||||||||||||||||
|
|
a
|
Cetane
|
d
|
Combustion Ratio
|
|||||||||||||||||||
|
|
b
|
Fuel Ratio
e
|
Kalori
|
||||||||||||||||||||
|
|
c
|
Octane
|
|||||||||||||||||||||
9
|
Manakan komponen
dibawah ini yang mempunyai fungsi menghisap bahan bakar
dari tangki, Jika terjadi kehabisan bahan
bakar :
|
|
||||||||||||||||||||||
|
|
a
|
Fuel Pump. d. Nozle
|
|||||||||||||||||||||
|
|
b
|
Injection Pump e. Priming Pump
|
|||||||||||||||||||||
|
|
c
|
Feed Pump
|
|||||||||||||||||||||
10
|
Fungsi dari water sedimenter adalah :
|
|
||||||||||||||||||||||
|
|
a
|
Memisahkan bahan bakar dengan debu d.
Memisahkan bahan bakar dengan oli
|
|
||||||||||||||||||||
|
|
b
|
Memisahkan bahan bakar dengan air e. Memisahkan bahan bakar
dengan pendingin
|
|
||||||||||||||||||||
|
|
c
|
Memisahkan bahan bakar dengan kotoran
|
|
||||||||||||||||||||
11
|
Pada mesin Diesel
memasukan bahan bakar kedalam mesin dilakukan dengan cara
disemprotkan
(injeksi) melalui injektor. Pada saat kapan bahan bakar di injeksikan :
|
|||||||||||||||||||||||
|
|
a
|
Awal langkah hisap.
|
d. Akhir langkah kompresi
|
||||||||||||||||||||
|
|
b
|
Akhir langkah hisap.
|
e. Akhir
langkah Buang
|
||||||||||||||||||||
|
|
c
|
Awal langkah kompresi
|
|
||||||||||||||||||||
13
|
Pemakain Glow Plug pada mesin diesel fungsinya
adalah :
|
|||||||||||||||||||||||
|
|
a
|
Membakar bahan bakar
|
|
||||||||||||||||||||
|
|
b
|
Meningkatkan tekanan kompresi
|
|
||||||||||||||||||||
|
|
c
|
Memanaskan ruang bakar saat mesin kondisi dingin
|
|||||||||||||||||||||
|
|
d
|
Menghemat bahan bakar
|
|||||||||||||||||||||
|
|
e
|
Memanaskan
ruang bakar sebelum mesin di hidupkan
|
|
|
|||||||||||||||||||
14. Urutan memeriksa memeriksa
dioda negatif pada alternator adalah :
a, Menyetel multi tester pada pengukur hambatan / resistor kemudian
probe positif multi tester di tempelkan di terminal E alternator dan probe
negatif multi tester di tempelkan di
ujung kumparan lilitan stator. Hasilnya jarum penunjuk pada multi tester menunjukkan
kontiunitas/ terhubung.
b. Menyetel multi tester pada pengukur hambatan/resistor kemudian
probe positif multi tester di tempelkan di terminal E alternator dan probe
negatif multi tester di tempelkan di
ujung kumparan lilitan stator. Jarum pada multi tester menunjukkan kontiunitas/terhubung, kemudian
kedudukan probe multi tester dibalik kontinuitas tidak terjadi.
c c. Menyetel multi tester pada pengukur hambatan / resistor kemudian
probe negatif multi tester di
tempelkan di terminal E alternator dan probe
positif multi tester di tempelkan di ujung
kumparan lilitan stator. Hasilnya jarum penunjuk pada multi tester tidak
menunjukkan
kontiunitas/ terhubung.
d d. Menyetel multi tester pada pengukur Tegangan kemudian probe
negatif multi tester di tempelkan
di terminal E alternator dan probe
positif multi tester di tempelkan di
ujung kumparan lilitan
stator. Hasilnya jarum penunjuk pada multi tester tidak
menunjukkan kontiunitas/ terhubung.
e e. Menyetel multi tester pada pengukur tegangan kemudian probe
positif multi tester di tempelkan
di terminal E alternator dan probe
negatif multi tester di tempelkan di
ujung kumparan lilitan
stator. Hasilnya jarum penunjuk pada multi tester tidak
menunjukkan kontiunitas/ terhubung.
15. Fungsi dari komponen Stator pada Alternator adalah :
a. Mengubah medan magnet menjadi listrik DC
b.
Mengubah medan magnet menjadi listrik AC
c.
Mengubah arus listrik menjadi magnet.
d.
Mengubah AC menjadi DC
e.
gerak.Mengubah medan magnet menjadi energi
16. Saat engine
bekerja, CHG lamp pada panel instrument
menyala. Hal tersebut terjadi karena :
a.
Menggunakan regulator 2 unit
b.
Menggunakan regulator 6 kaki
c.
Mengunakan regulator 1 unit
|
d. Diode negatif rusak
e.
Diode positif rusak
|
17.
Kita memutar kearah kiri rotor kemudian melepaskannya. Hal ini menunjukkan cara pemeriksaan :
Kita memutar kearah kiri rotor kemudian melepaskannya. Hal ini menunjukkan cara pemeriksaan :
a. Keausan poros
nok
b. Arah radial
poros nok
c. Centrifugal
advance
d. Gaya aksial
rotor
e. Gaya radial
rotor
|
18. Kerusakan akibat
kapasitas kondensor terlalu kecil adalah :
a.
Coil panas d. Pada busi terjadi kerak yang berlebihan
b.
Terjadi gunungan pada platina positif e. Kerusakan pada spark plug
c.
Terjadi gunungan pada platina negatif
19. Agar tegangan
yang mengalir ke primer coil tidak berlebihan maka dipasang :
a. Dua kondenser
b.
Relay
c.
Kontak magnetik
|
d. Ballast resistor
e. Kabel busi dengan resistor
|
20. Saat vacuum advance bekerja, yang
berubah adalah :
a. Celah platina
b.
Sudut dwell
c.
Octan selector
|
d. Tegangan coil
e. Saat pengapian
|
21.
Saat kita menekan pedal, rem
tidak segera berfungsi, tetapi setelah kita menekan secara berulang rem baru dapat bekerja penyebabnya..
a.
kanvas
rem habis d. ada
udara pada sistem rem
b.
penyetelan
sepatu rem tidak tepat
e. oli
rem berkurang
c.
oli
rem bocor
22.
Urutan melepas rem tromol:
a.
Lepas roda, tromol, pengunci sepatu rem, pegas rem, sepatu rem, piston rem
b.
Lepas roda, pengunci sepatu rem, pegas rem, sepatu rem, piston rem, tromol
c. lepas pengunci sepatu
rem, pegas rem, sepatu rem, piston
rem
d.. Lepas roda, pengunci sepatu rem, piston rem, tromol
e. Lepas roda, pengunci sepatu rem, piston rem, tromol
23.
Oli rem yang mengenai permukaan bodi kendaraan /permukaan yang
di cat dapat mengakibatkan :
a. permukaan bodi akan
tambah mengkilat
b. oli rem susah dibersihkan
c. oli rem dapat menyebabkan korosi
d. oli rem akan merusak cat tersebut
e. oli rem dapat menyebabkan kebakaran
24.
Bagian yang sering terjadi keruksakan pada rem cakram dan segera di ganti
adalah:
a.
Piringan d.
pad
b.
Kaliper e.
Seal piston
c.
piston
25.
komponen yang berfungsi sebagai bidang gesek adalah....
- Tromol dan sepatu rem/
piringan dengan pad
- Penyetel dan sepatu rem
- Sepatu rem dan silinder
roda
- Tromol dan silinder roda
- Penyetel dan tromol
26. Bagian engine
yang bergerak naik turun pada lubang silinder adalah....
a.
Kepala Silinder c. Conecting Rod e. Poros Nok
b.
Piston d.
Poros Engkol
27. Sedangkan bagian engine yang
dipasangkan pada poros engkol dan berfunsi menggerakan piston adalah....
a.
Kepala Silinder c. Conecting Rod e. Poros Nok
b.
Piston d.
Poros Engkol
28. Engine memerlukan sistem pelumasan.
Bagian engine yang berfungsi untuk menampung oli pelumas sebelum bersirkulasi
yaitu...
a.
Piston c.
Rocker Arm e. Pompa Oli
b.
Ring Piston d. Karter
29. Pada suatu motor 4 tak 4 silinder mempunyai urutan pengapian
1-3-4-2. Bila silinder No.1 sedang
melakukan langkah buang maka ............
a. silinder 2 hisap, silinder 3 usaha, silinder 4 kompresi
b. silinder 2 usaha, silinder 3 hisap, silinder 4 kompresi
c. silinder 2 hisap,
silinder 3 kompresi, silinder 4 usaha
d.
silinder 2 kompresi, silinder 3 hisap, silinder 4 usaha
e. silinder 2 kompresi, silinder 3 hisap, silinder 4 hisap
30. Pada sistem r bahan bakar bensin
di perlukan suatu bagian yang berfungsi untuk
membuat campuran antara udara dan bensin menjadi homogen agar bahan bakar mudah
terbakar. Bagian tersebut adalah....
a. Filter udara c.
karburator e. pompa bensin
elektrik
b. Filter bensin d.
Pompa bensin mekanik
31. Berikut ini adalah urutan aliran bahan bakar pada sistem bahan bakar motor bensin
konvensional manakah urutan yang benar ….
a. tangki
bensin-pipa bensin-pompa bensin-saringan bensin-karburator
b. tangki bensin-pipa bensin-saringan bensin-pompa bensin-karburator
c. tangki
bensin-pipa bensin-saringan bensin -karburator-pompa bensin
d. tangki bensin-pompa bensin-pipa
bensin-saringan bensin-karburator
e. tangki bensin-pipa-saringan bensin-pipa-pompa
bensin-karburator
32. Agar bahan bakar bensin di karburator tidak meluap,
maka karburator dilengkapi ….
a. cuk system c. deceleration fuel cut off system e. fast idle mechanism
b. thermostatic valve d. positive crankcase ventilation
33. Tangki bensin, rungannya di lengkapi
sekat-sekat/separator. Fungsi dari separator adalah...
a. Menjaga agar bensin tidak cepat habis e. menjaga bensin tetap mudah terbakar
b. menjaga agar bensin tdk cepat kotor d. menjaga bensin tidak terjadi goncangan
yg besar.
c. Menjaga bensin
tidak mudah menguap
34. Pada saat melakukan pengukuran
dan pemeriksaan waktu pengapian maka alat yang
dipakai
untuk melakukan pekerjaan tersebut adalah ....
a. timing light c.
dwell tester e. multimeter
b. tacho meter d.
engine test bench
![](file:///C:/Users/TOSHIBA/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.jpg)
35. Ada Bahan bakar, Api dan Oksigen. Ketiga hal tersebut adalah syarat dapat terjadinya...
a. Pembakaran c. Oksidasi e. Usaha
b. Homogenisasi d.
Korosi
36. Nama alat ukur pada gambar di samping ini adalah ....
a. pressure tester
b.
out side
micrometer
c.
inside micrometer
d.
dial tester
indicator
e.
cylinder bore
gauge
37. Alat yang
berfungsi untuk meemeriksa besarnya tahanan, arus dan tegangan adalah...
.a. Amper meter c. Ohm Meter e. Multi tester
b. Volt meter d. Tacho meter
38. Agar bahan bakar yang masuk ke ruang bakar dapat
terbakar, maka di perlukan api yang berasal dari sistem...
a. Sistem bahan
bakar c. Sistem
Pelumasan e. Sistem Pendidnginan
b. Sistem
pengisian d.
Sistem Pengapian
39. Pada saat piston naik, bahan bakar di ruang bakar dimampatkan
kemudian ada percikan api di busi maka langkah ini disebut..
a. Isap b. Kompresi c. Usaha d. Buang e. Bilas
40. Sistem yang
berfungsi untuk menghidupkan motor pada awal bekerja adalah sistem...
a. Sistem bahan
bakar c.
Sistem Kelistrikan e.
Sistem Stater
b. Sistem
pengisian d.
Sistem Pengapian
41. Sedangkan
sistem yang berfungsi untuk menjaga agar kondisi kerja mesin tetap stabil
adalah...
a. Sistem bahan
bakar c.
Sistem Pelumasan e.
Sistem Pendidnginan
b. Sistem
pengisian d.
Sistem Pengapian
42. Thermostat adalah bagian dari sistem...
a. Sistem bahan
bakar c.
Sistem Pelumasan e.
Sistem Pendidnginan
b. Sistem
pengisian d.
Sistem Pengapian
43. Bagian yang
berfungsi mendinginkan air pada sistem pendinginan adalah...
a. Radiator dan
kipas c.
Karburator dan kipas e.
Separator dan kipas
b. Thermostat dan
kipas d. Tanki
reservoir dan kipas
44. Komponen-komponen
utama motor starter diantaranya.....
A.
Field
coil,armature, solenoid,comutator,brush,pinion,capasitor
B.
Field
coil,armature, solenoid,comutator,brush,pinion,overrunning clutch
C.
Field
coil,armature, solenoid,comutator,capasitorpinion,overrunning clutch
D.
Field
coil,armature, solenoid,comutator,brush,capasitor,overrunning clutch
E.
Field
coil,armature, solenoid,capasitor,brush,pinion,overrunning clutch
45. Komponen starter yang berfungsi sebagai pengaman pada
saat mesin sudah hidup adalah
A.
Armature D. Komutator
B.
Field coil E. Overrunning clutch
C.
Solenoid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar