Rabu, 02 Maret 2016

LATIHAN SOAL

PILIHAN GANDA

1
Pada Ignition Switch (Kunci Kontak)  bila terdapat terminal B, menyambung pada:


a
 Motor Starter
d
 Glow Plug



b
 Batere
e
Alternator



c
 Alternator



2
Rasio Kompresi mesin Diesel adalah :



a
6 sampai 12                               d. 12 sampai 15



b
9 sampai 12                               e. 15 sampai 23



c
6 sampai 9

3
Dibawah ini adalah sifat utama dari bahan bakar Diesel,kecuali :


a
Tidak berwarna atau sedikit kekuning kuningan dan berbau.



b
Encer dan tidak menguap dibawah temperatur normal.



c
Dapat melarutkan karet oli dan karet


d
Mempunyai berat jenis 0,82 – 0,86.



e
Mudah terbakar pada suhu rendah



4
Keuntungan dari ruang bakar tipe Kamar Pusar adalah :


a
Dapat dicapai kecepatan mesin yang tinggi karena turbulensi kompresinya tinggi



b
Gangguan pada Nozzle lebih kecil karena menggunakan pin type nozzle.



c
Diperlukan pemanas mula



d
Konstruksi rumit



e
Perawatan mudah



7
Dibawah ini adalah penjelasan mengenai keuntungan mesin diesel kecuali :




a
Mempunyai efisiensi panas yang besar



b
Lebih tahan lama dan tidak memerlukan electrik ignition




c
Momen pada mesin diesel tidak berubah




d
Mempunyai perbandingan kompresi lebih tinggi




e
Mampu bekerja pada medan yang berat



8
Mutu Bahan bakar Diesel (solar) ditentukan dengan angka :


a
Cetane
d
Combustion Ratio



b
Fuel Ratio                                 e
Kalori



c
Octane

9
Manakan komponen dibawah ini yang mempunyai fungsi menghisap bahan bakar
 dari tangki, Jika terjadi kehabisan bahan bakar :




a
Fuel Pump.                                  d. Nozle



b
Injection Pump                            e. Priming Pump


c
Feed Pump
10
Fungsi dari water sedimenter adalah  :




a
Memisahkan bahan bakar dengan debu            d.  Memisahkan bahan bakar dengan oli




b
Memisahkan bahan bakar dengan air                 e. Memisahkan bahan bakar dengan pendingin




c
Memisahkan bahan bakar dengan kotoran



11
Pada mesin Diesel memasukan bahan bakar kedalam mesin dilakukan dengan cara
disemprotkan (injeksi) melalui injektor. Pada saat kapan bahan bakar di injeksikan :



a
Awal langkah hisap.
d. Akhir langkah kompresi



b
Akhir langkah hisap.
e. Akhir langkah Buang



c
Awal langkah kompresi


13
Pemakain Glow Plug pada mesin diesel fungsinya adalah :



a
Membakar bahan bakar



b
Meningkatkan tekanan kompresi




c
Memanaskan ruang bakar saat mesin kondisi dingin



d
Menghemat bahan bakar



e
Memanaskan ruang bakar sebelum mesin di hidupkan



14.     Urutan memeriksa  memeriksa dioda negatif pada alternator adalah :
a,    Menyetel multi tester pada pengukur hambatan / resistor kemudian probe positif multi tester di tempelkan di terminal E alternator dan probe negatif  multi tester di tempelkan di ujung kumparan lilitan stator. Hasilnya jarum penunjuk pada multi tester menunjukkan kontiunitas/ terhubung.
b.  Menyetel multi tester pada pengukur hambatan/resistor kemudian probe positif multi tester di tempelkan di terminal E alternator dan probe negatif  multi tester di tempelkan di ujung kumparan lilitan stator. Jarum pada multi tester menunjukkan kontiunitas/terhubung, kemudian kedudukan probe multi tester dibalik kontinuitas tidak terjadi.
c       c.  Menyetel multi tester pada pengukur hambatan / resistor kemudian probe negatif multi tester di 
             tempelkan di terminal E alternator dan probe positif  multi tester di tempelkan di ujung 
             kumparan lilitan stator. Hasilnya jarum penunjuk pada multi tester tidak menunjukkan 
             kontiunitas/ terhubung.
d      d.  Menyetel multi tester pada pengukur Tegangan kemudian probe negatif multi tester di tempelkan 
            di terminal E alternator dan probe positif  multi tester di tempelkan di ujung kumparan lilitan 
            stator. Hasilnya jarum penunjuk pada multi tester tidak menunjukkan kontiunitas/ terhubung.
e      e.   Menyetel multi tester pada pengukur tegangan kemudian probe positif multi tester di tempelkan 
            di terminal E alternator dan probe negatif  multi tester di tempelkan di ujung kumparan lilitan 
            stator. Hasilnya jarum penunjuk pada multi tester tidak menunjukkan kontiunitas/ terhubung.
15.   Fungsi dari komponen Stator pada Alternator adalah :
a.       Mengubah medan magnet menjadi listrik DC
b.       Mengubah medan magnet menjadi listrik AC
c.       Mengubah arus listrik menjadi magnet.
d.       Mengubah AC menjadi DC
e.       gerak.Mengubah medan magnet menjadi energi
16.   Saat engine bekerja,  CHG lamp pada panel instrument menyala. Hal tersebut terjadi karena :
a. Menggunakan regulator 2 unit
b.      Menggunakan regulator 6 kaki
c.       Mengunakan regulator 1 unit
d.    Diode negatif rusak
e.      Diode positif rusak

17.  
Kita memutar kearah kiri rotor kemudian melepaskannya. Hal ini menunjukkan cara pemeriksaan :
a.       Keausan poros nok
b.      Arah radial poros nok
c.       Centrifugal advance
d.      Gaya aksial rotor
e.      Gaya radial rotor
18.   Kerusakan akibat kapasitas kondensor terlalu kecil adalah :
a.         Coil panas                                                               d.  Pada busi terjadi kerak yang berlebihan
b.         Terjadi gunungan pada platina positif          e.  Kerusakan pada spark plug
c.          Terjadi gunungan pada platina negatif
19.   Agar tegangan yang mengalir ke primer coil tidak berlebihan maka dipasang :
a.      Dua kondenser
b.        Relay
c.         Kontak magnetik
d.     Ballast resistor
e.     Kabel busi  dengan resistor
20.   Saat vacuum advance bekerja, yang berubah adalah  :
a.  Celah platina
b.        Sudut dwell
c.         Octan selector
d.      Tegangan coil
e.      Saat pengapian
21.   Saat kita menekan pedal, rem tidak segera berfungsi, tetapi setelah kita menekan secara berulang rem baru dapat bekerja penyebabnya..
a.       kanvas rem habis                                                             d.  ada udara pada sistem rem
b.      penyetelan sepatu rem tidak tepat                         e.  oli rem berkurang
c.       oli rem bocor
22.   Urutan melepas rem tromol:
a.       Lepas roda, tromol, pengunci sepatu rem, pegas rem,  sepatu rem, piston rem
b.      Lepas roda, pengunci sepatu rem, pegas rem,  sepatu rem, piston rem, tromol
c.   lepas pengunci sepatu rem, pegas rem,  sepatu rem, piston rem
d..   Lepas roda, pengunci sepatu rem, piston rem, tromol
e.      Lepas roda, pengunci sepatu rem, piston rem, tromol 
23.      Oli rem yang mengenai permukaan bodi kendaraan /permukaan  yang  di cat dapat mengakibatkan :
a.        permukaan bodi akan tambah mengkilat
b.      oli rem susah dibersihkan
c.       oli rem dapat menyebabkan korosi
d.      oli rem akan merusak cat tersebut
e.      oli rem dapat menyebabkan kebakaran
24.   Bagian yang sering terjadi keruksakan pada rem cakram dan segera di ganti adalah:
a.       Piringan                                                                d.  pad
b.      Kaliper                                                                  e. Seal piston
c.       piston
25.   komponen yang berfungsi sebagai bidang gesek adalah....

    1. Tromol dan sepatu rem/ piringan dengan pad
    2. Penyetel dan sepatu rem
    3. Sepatu rem dan silinder roda
    4. Tromol dan silinder roda
    5. Penyetel dan tromol
26.  Bagian engine yang bergerak naik turun pada lubang silinder adalah....
  a.        Kepala Silinder                                      c.  Conecting Rod                    e. Poros Nok
  b.        Piston                                                     d. Poros Engkol      
27.  Sedangkan bagian engine yang dipasangkan pada poros engkol dan berfunsi menggerakan piston adalah....
a.        Kepala Silinder                                    c.  Conecting Rod                    e. Poros Nok
b.        Piston                                                   d. Poros Engkol      
28. Engine memerlukan sistem pelumasan. Bagian engine yang berfungsi untuk menampung oli pelumas sebelum bersirkulasi yaitu...
a.        Piston                                              c. Rocker Arm                         e. Pompa Oli
b.        Ring Piston                                      d. Karter 
29. Pada suatu motor 4 tak 4 silinder mempunyai urutan  pengapian 1-3-4-2.  Bila silinder No.1 sedang melakukan langkah buang maka ............
    a. silinder 2 hisap, silinder 3 usaha, silinder 4 kompresi         
    b. silinder 2 usaha, silinder 3 hisap, silinder 4 kompresi
    c. silinder 2 hisap, silinder 3 kompresi, silinder 4 usaha  
    d. silinder 2 kompresi, silinder 3 hisap, silinder 4 usaha
    e. silinder 2 kompresi, silinder 3 hisap, silinder 4 hisap
30. Pada sistem r bahan bakar bensin di perlukan suatu bagian yang berfungsi untuk membuat campuran antara udara dan bensin menjadi homogen agar bahan bakar mudah terbakar. Bagian tersebut adalah....
a.  Filter udara                      c. karburator                                           e. pompa bensin elektrik
b. Filter bensin                     d.  Pompa bensin mekanik
 31.  Berikut ini adalah urutan aliran bahan bakar pada sistem bahan bakar motor bensin konvensional manakah urutan yang benar ….
a.  tangki bensin-pipa bensin-pompa bensin-saringan bensin-karburator
       b.  tangki bensin-pipa bensin-saringan bensin-pompa bensin-karburator
c.  tangki bensin-pipa bensin-saringan bensin -karburator-pompa bensin
d.  tangki bensin-pompa bensin-pipa bensin-saringan bensin-karburator
e.  tangki bensin-pipa-saringan bensin-pipa-pompa bensin-karburator
 32. Agar bahan bakar bensin di karburator tidak meluap, maka karburator dilengkapi ….
a.  cuk system                               c. deceleration fuel cut off system        e. fast idle mechanism
b. thermostatic valve                    d. positive crankcase ventilation
 33. Tangki bensin, rungannya di lengkapi sekat-sekat/separator. Fungsi dari separator adalah...
a.  Menjaga agar bensin tidak cepat habis     e. menjaga bensin tetap mudah terbakar
b. menjaga agar bensin tdk cepat kotor         d. menjaga bensin tidak terjadi goncangan yg besar.
c. Menjaga bensin tidak mudah menguap
 34.  Pada saat melakukan pengukuran dan pemeriksaan waktu pengapian maka alat yang dipakai    
        untuk melakukan pekerjaan tersebut adalah ....     
         a. timing light                                        c. dwell tester                         e. multimeter
         b. tacho meter                                       d. engine test bench

35.  Ada Bahan bakar, Api dan Oksigen. Ketiga hal tersebut adalah syarat dapat terjadinya...
a. Pembakaran                              c. Oksidasi                               e. Usaha
b. Homogenisasi                           d.  Korosi
 36. Nama alat ukur pada gambar di samping ini adalah ....
a.   pressure tester
b.     out side micrometer
c.      inside micrometer
d.     dial tester indicator
e.     cylinder bore gauge
 37.  Alat yang berfungsi untuk meemeriksa besarnya tahanan, arus dan tegangan adalah...
.a. Amper meter                            c. Ohm Meter                         e. Multi tester
b. Volt meter                                 d.  Tacho meter
 38.  Agar bahan bakar yang masuk ke ruang bakar dapat terbakar, maka di perlukan api yang berasal        dari sistem...
        a.  Sistem bahan bakar            c. Sistem Pelumasan                              e. Sistem  Pendidnginan
        b.  Sistem pengisian                d. Sistem Pengapian
39.  Pada saat piston naik,  bahan bakar di ruang bakar dimampatkan kemudian ada percikan api di busi maka langkah ini disebut..
a. Isap           b. Kompresi                  c. Usaha                  d. Buang                  e. Bilas
40.  Sistem yang berfungsi untuk menghidupkan motor pada awal bekerja adalah sistem...
        a. Sistem bahan bakar                   c. Sistem Kelistrikan                               e. Sistem  Stater
        b. Sistem pengisian                       d. Sistem Pengapian
41.  Sedangkan sistem yang berfungsi untuk menjaga agar kondisi kerja mesin tetap stabil adalah...
       a. Sistem bahan bakar            c. Sistem Pelumasan                       e. Sistem  Pendidnginan
       b. Sistem pengisian                d. Sistem Pengapian
42. Thermostat  adalah bagian dari sistem...
       a.  Sistem bahan bakar           c. Sistem Pelumasan                        e. Sistem  Pendidnginan
       b.  Sistem pengisian               d. Sistem Pengapian
43. Bagian yang berfungsi mendinginkan air pada sistem pendinginan adalah...
      a.  Radiator dan kipas             c. Karburator dan kipas                           e. Separator dan kipas
      b.  Thermostat dan kipas         d. Tanki reservoir dan kipas
 44.  Komponen-komponen utama motor starter diantaranya.....
A.       Field coil,armature, solenoid,comutator,brush,pinion,capasitor
B.       Field coil,armature, solenoid,comutator,brush,pinion,overrunning clutch
C.      Field coil,armature, solenoid,comutator,capasitorpinion,overrunning clutch
D.      Field coil,armature, solenoid,comutator,brush,capasitor,overrunning clutch
E.       Field coil,armature, solenoid,capasitor,brush,pinion,overrunning clutch
45. Komponen starter yang berfungsi sebagai pengaman pada saat mesin sudah hidup adalah
A.       Armature                                       D. Komutator
B.       Field coil                                       E. Overrunning clutch
C.      Solenoid

Tidak ada komentar:

ANALISA DAN PERBAIKAN KOPLING

I. Diagnosa dan Perbaikan Kerusakan Kopling. Memelihara kopling dapat dibagi menjadi tiga jenis :\ a. Pemeliharaan preventif. Memeriks...